UT-Kebumen -- Kegiatan Pelatihan
Soft Skills Mahasiswa Bidikmisi dan CSR
UT Wilayah Kebumen yang direncanakan pada hari sabtu, 19 November 2016 ahirnya
berjalan lancar tanpa kendala. Trainer merupakan Dosen di salah satu PTN
diwilayah Purwokerto telah sampai dilokasi sebelum acara dimulai.
Pada
pelatihan kali ini, peserta yang sejatinya dihadiri oleh mahasiswa bidikmisi
dan CSR sejumlah 23 mahasiswa, bertambah menjadi 30 mahasiswa, peserta tambahan
merupakan mahasiswa non beasiswa bidikmisi dan CSR yang berminat mengikuti
kegiatan tersebut.
Menurut
Darmono, S.Pd selaku Pengelola UT Non Pendas Kabupaten Kebumen
yang juga pelaksana kegiatan, menuturkan bahwa pelatihan ini sengaja diadakan
atas dorongan dari UPBJJ-UT Purwokerto untuk menambah motivasi belajar kepada
mahasiswa Bidikmisi dan CSR, dengan harapan setelah mereka beberapa minggu
sebelumnya menempuh ujian, nantinya tetap semangat belajar.
Pelatihan
Soft Skills ini dilaksanakan di Aula SMP Negeri 3 kebumen dimulai pada pukul
08.00 hingga pukul 15.00 WIB. Pada sesi pertama sebagai pembuka diisi oleh Drs.
Supriyono, M.Pd, Dosen UPBJJ-UT Purwokerto, pada sesi berikutnya diisi langsung
materi pelatihan oleh Tim dari Kusuma Widayaka Purwokerto dengan materi Need Analisis dan
Meta Plan, pada materi ini peserta diajak untuk menggali tentang kemampuan
yang dibutuhkan mahasiswa untuk sukses, baik dalam bidang akademik maupun
kehidupan. Alesson
From The Titanic Tragedi, materi terusan dengan menonton film Titanic
sebagi ilustrasi pengenalan karakter dan kepribadian untuk menjelaskan
pentingnya mempunyai komitmen terhadap cita-cita.
Pada
sesi selanjutnya, peserta diajak menggali materi Goal Smart, Strategy
(Time Managemen dan daily Activity Sheet), dan Action, materi ini banyak
menyinggung kehidupan sehari-hari dan kemudian peserta diajak untuk
menghubungkan antara banyaknya latihan dalam proses belajar dengan prestasi
sehingga mampu menumbuhkan kemauan belajar.
Pada sesi penutup, peserta
dipilih secara acak diminta untuk memberikan pesan kesan pada kegiatan tersebut
dan dilanjutkan dengan foto bersama.